Subhanallah…Amat besar ciptaan Allah…

Selama beberapa waktu saya bersama anak-anak, banyak perkembangan anak yang bisa saya ikuti. Bil Haq, yang bulan depan berusia 5 tahun, suka sekali bermain puzzle, membuat berbagai bentuk. Yang paling sering dia buat adalah pesawat dan rumah. Rumah yang dia buat selalu ada kamar, dan kamar mandi, serta garasi mobil dan halaman yang diisi berbagai macam binatang. Pesawat yang dibuatnya selalu berbeda bentuknya dari waktu ke waktu. Selalu ada variasi. Pernah dia membuat pesawat yang bisa mengangkut mobil, pesawat yang mengangkut manusia, pesawat yang pintunya bisa dibukan dan ditutup, dsb. Beberapa bentuknya saya ambil gambarnya. Dia merasa senang jika hasil karyanya saya foto.

Selain itu, Bil Haq juga senang mewarnai. Alhamdulillah dalam 1 minggu, hasil mewarnainya tampak semakin rapi. Pada saat pertama kali saya memberikan gambar untuk diwarnai, selalu melewati garis, dan tidak rapi. Namun di akir-akhir ini, hasilnya semakin rapi, polesan warnanya sudah ada di dalam garis. Untuk satu obyek, kadang diwarnai dengan berbagai macam warna.  Kadang-kadang saya mencarikan ‘coloring page’ di internet, kemudia dia saya minta memilih gambarnya. Beberapa gambar juga saya simpan sebagai kenangan masa kecil.

Akhir-akhir ini, Bil Haq juga suka menggambar memakai pensil atau pen. Objek yang dia gambar selalu ada rumah, pohon, matahari dan orang. Orang yang digambar ummi, abi, adik, eyang dan kadang-kadang ada paman dan tante. Matahari yang digambar selalu di pojok, kiri atau kanan atas. dan sinarnya lurus.

Ya… Alhamdulillah..Subhanallah, Allahu Akbar. Semoga Ummi dan Abi serta kami semua bisa mendidiknya menjadi anak yang sholeh, yang bermanfaat untuk lingkungannya.