Assalamu’alaikum..

Lebaran tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kami berlebaran di KBRI, di Makati, Philippines. 30 September, berangkat dari Angeles, jam 4 pagi (brrrrrrrrr.. masih dingin), naik bis menuju Victory Liner terminal di Pasay. Lalu naik taxi ke KBRI. Kira-kira jam 6.15 pagi kami telah tiba di KBRI. Sayang sekali KBRI masih ditutup, karena memang masih dipersiapkan tempat sholatnya. Maklumlah, Lebaran kali ini tidak seperti perkiraan sebelumnya. Lebaran tahun ini maju sehari, sehingga persiapan yang sebenarnya untuk tanggal 1 Oktober, diajukan jadi 30 September. Namun Alhamdulillah, semuanya akhirnya beres, jam 6.30an kami sudah bisa masuk.

Jam 7.30 sholat dimulai, imamnya, saya kurang tahu namanya, tapi kalau khotbah, diisi oleh Pak Munir. Khotbah kali ini berbahasa Inggris. Tidak seperti khotbah di Florida, yang disampaikan dalam bahasa Tagalog. Ya, Alhamdulillah, masih ada yang nyantol-lah.

Kami bertemu dengan teman-teman mahasiswa di Manila. tapi sayangnya Mahsiswa Los Banos ngga tampak kali ini, mungkin mereka mengadakan sholat di sana.

Setelah sholat, kami salam-salaman. Dan setelah itu, menuju ruang Nusantara, untuk minum dan makan snack. Alhamdulillah, teh hangat dan kue mirip talam ubi sebagai pengganjal perut yang dari pagi memang belum terisi.

Setelah itu, dilanjutkan serbu kondo. Di kondominium, tinggal beberapa homestaf KBRI. Mereka memang siap untuk dikunjungi. Alhamdulillah, ada lontong opor, sambal goreng daging, bahkan ada juga bakso, siomay. Bahkan ada juga emping. Makanan khas Indonesia, yang tidak pernah kami jumpai di Phil selama ini. Alhamdulillah.. serasa benar-benar lebaran. Bagi Mahasiswa perantau seperti kami, ini saat yang indah, makan masakan Indonesia asli.. oh iya, ada ibu yang menyiapkan sambel goreng daging diampur petai. Walaupun bukan penggemar petai, namun memang ada rasa khas dari petai yang tercium di sambel goreng dagingnya, sehingga tambah mak nyusssss.

Setelah itu, kami pamitan… lalu foto-foto sebentar, kemudian… pulang.

Ok, itulah sekelumit pengalaman berlebaran di negara orang.

semoga bermanfaat.